Gula aren adalah bahan pemanis makanan yang terbuat dari nira yang dihasilkan dari pohon enau/aren. Gula aren atau juga biasa disebut gula jawa sering digunakan masyarakat Indonesia dalam membuat makanan tradisional seperti jenang, dodol, wajik, dan lain sebagainya. Gula aren ini memiliki warna coklat pekat dengan rasa manisnya yang khas.

Pembuatan gula aren melewati beberapa tahap seperti penyaringan nira, pemasakan nira, pengentalan, dan pencetakan. Cara-cara tersebut bisa kita temukan di tempat pengolahan gula aren tradisional. Pada proses pembuatan gula aren modern, menggunakan beberapa alat/mesin produksi gula yang beragam seperti mesin oven, mesin metal trap, dan mesin metal detector.

Mesin oven berfungsi untuk memasak bahan baku gula aren. Mesin metal trap digunakan untuk menyaring bahan baku gula aren dari benda-benda berbahaya lainnya. Kemudian, setelah tersaring mesin metal detector digunakan untuk mendeteksi bahan baku gula aren apakah ada bahan sejenis logam yang tercampur didalamnya. Mesin-mesin tersebut digunakan agar gula aren yang dihasilkan benar-benar aman konsumsi.

Video dibawah ini adalah proses pembuatan gula aren yang diambil langsung di pabrik gula aren. Dari seluruh mesin yang ada disana, beberapa menggunakan mesin rakitan Kembar Teknika yakni mesin ayakan metal trap. Dua unit mesin besar berwarna orange itu digunakan sebagai mesin pendukung pembuatan gula aren.